Bakso mengandung boraks, pewarna tekstil dalam jajanan anak, susu mengandung melamin, beras plastik? Makan sayuran atau ikan mentah (seperti sushi) sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil? Atau sering kebingungan caranya membedakan “best before” dan “expiration date” di kemasan makanan? Kalau masak mi instan harus dibuang air rebusannya, lalu mie nya perlu dibilas? Alergi susu? Makanan bebas gluten? E-number tanda makanan tidak halal? Sate dan makanan yang dibakar bisa menyebabkan kanker? Amankah meminum susu segar?

Instagram @foodsafetyid
Instagram @foodsafetyid

Kita tentunya cukup familiar dengan berita- berita seputar makanan yang meresahkan seperti di atas bukan? Sebagai konsumen kita mungkin mudah resah ketika ada pemberitaan atau isu- isu yang beredar tentang makanan makanan yang mengandung zat berbahaya. Minimnya pengetahuan konsumen dapat dengan mudah disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu ada pula risiko makanan menjadi tidak aman karena keterbatasan pengetahuan konsumen tentang berbagai hal teknis dalam memperlakukan bahan pangan atau makanan. Sehingga, tentunya penting bagi kita untuk membekali diri dengan pengetahuan agar bisa mengambil keputusan yang tepat. Hal tersebut tentunya lebih mudah bagi orang yang memiliki pendidikan di bidang pangan, kesehatan atau nutrisi. Tapi, bagaimana dengan orang kebanyakan?

Hidup di Belanda dan kuliah mengenai keamanan pangan membuat saya lebih sadar tentang pentingnya mengonsumsi makanan yang aman dan menyehatkan untuk hidup yang lebih berkualitas. Contoh sederhananya, mungkin kita tidak sadar saat terkena diare karena keracunan makanan, kualitas hidup kita sedang menurun karena harus menghabiskan waktu berlama- lama di toilet atau harus absen kuliah atau kerja, belum lagi kalau ternyata harus opname. Kita kehilangan waktu dan tenaga yang bisa digunakan untuk melakukan hal produktif lainnya, atau mungkin kehilangan penghasilan.

Mengutip Ralf Hartemink, program director Food Science Wageningen University and Research (WUR), makan adalah hal yang berisiko, karena banyak sekali senyawa beracun, mikroba, jamur, dll berkeliaran di sekitar kita dan makanan kita. Kita tidak akan pernah yakin 100% bahwa makanan kita 100% aman. Yang dapat kita lakukan adalah mengontrol dan meminimalkan risiko tersebut.

Sejak bulan Februari 2018, saya dan Mariyam yang juga sedang merampungkan master di Food Safety di WUR memulai sebuah akun instagram @foodsafetyid. Tujuan dari akun ini adalah untuk meningkatkan kesadaran seputar keamanan pangan serta berbagi pengetahuan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari- hari, tentunya dengan dasar ilmiah. Namun, menerjemahkan hal yang ilmiah menjadi hal yang praktikal dan dapat dimengerti oleh kalangan umum ternyata bukan perkara mudah. Sampai saat ini kami juga masih mencari bentuk yang pas dalam cara penyampaian kami, agar tujuan berbagi kami dapat tercapai.

Instagram @foodsafetyid
Instagram @foodsafetyid

Jadi, ikuti @foodsafetyid yuk, dan jangan sungkan jika kamu memiliki pertanyaan, komentar, kritik, atau saran, baik mengenai isi, penyampaian, gambar, atau yang lainnya. Kami percaya selalu ada ruang untuk perbaikan 🙂

 

3 thoughts on “Butuh info tentang keamanan pangan, ikuti instagram @foodsafetyid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s